menghabiskan waktu di "Sunday Morning"


Hari minggu merupakan saat-saat di mana kita bisa menghabiskan waktu tuk sejenak melepas penat. Jogja punya sebuah ruang bernama "Sunday Morning", tepatnya di kawasan UGM. Ruang ini semenjak tahun 1994 telah menjadi tempat bagi banyak masyarakat Jogja dan sekitarnya menghabiskan minggu pagi (sunday morning) nya.

Yang datang ke sini pun macam2 orang. Ada yang datang dengan kluarganya, kekasihnya, maupun dengan sahabat karib mereka. Sekedar jalan-jalan, nongkrong ato memang niat belanja, sah-sah aja di sini.


Di seputaran boulevard UGM, depan diploma FIB UGM hingga kawasan lembah itulah, banyak masyarakat Jogja menghabiskan minggu paginya . Ada yang berolah raga, ada yang berjalan-jalan saja, ada juga yang sekedar cuci mata. Momen keramaian itulah yang dimanfaatkan oleh banyak orang untuk melakukan transaksi ekonomi.

Pasar kaget UGM yang eksis sejak tahun 1994 itu pada generasi awalnya adalah para pedagang makanan yang menjajakan dagangannya kepada masyarakat yang berolahraga di sekitar boulevard UGM. Kemudian tahun-tahun berikutnya semakin meluas, karena jumlah pedagang yang makin bertambah dan beraneka macam.

Beraneka pernak-pernik kebutuhan rumah tangga, pernak-pernik mode, pakaian, alat-alat elektronik, tanaman hias, dan berbagai jenis makanan digelar dengan meriah di sepanjang kawasan pasar kaget itu. Berbagai hiburan "live" pun dapat dinikmati saat SunMor (Sunday Morning) itu, mulai dari "sastro ngamen" hingga sejumlah pengamen dadakan ala mahasiswa yang berniat mengumpulkan dana ala kadarnya. Bahkan kalau beruntung, kita akan mendapat hiburan topeng monyet yang lincah beraksi.


Semua tumpah ruah jadi satu dalam satu hari di Minggu pagi hingga tidak lebih dari pukul 11.00 WIB. Di atas pukul 11.00 WIB, kawasan boulevard UGM, kembali lengang, menunggu untuk di"ria"kan kembali di Minggu pagi

0 komentar: