Berkompromi saat pikiran kacau


"AKU STRESS...!!!!" kata-kata itu sering muncul kalau kita sedang mengalami kacau pikiran. Stres merupakan respon fisiologis, psikologis, dan perilaku seseorang (nggak cowok apa cewek) untuk mencari penyesuaian terhadap tekanan yang sifatnya internal (psikologis) maupun eksternal (lingkungan). Penyebab dari stres ini pun macem2 dan biasanya bersumber dari kehidupan sehari-hari. Misalnya saja ketika menghadapi ujian, bertengkar dengan teman terdekat, maupun ketika melakukan suatu pekerjaan yang sudah menjadi tanggung jawabnya. Intinya stres lebih banyak diakibatkan karena ketakutan yang terjadi dalam diri sendiri. Takut gak lulus lah, takut gak bisa beradaptasi di lingungan baru, maupun takut gak bisa menyelesaikan pekerjaan sesuai target.
Pada dasarnya ada 2 cara yang dapat digunakan untuk menghilangkan stres. Pertama dengan mengkonsumsi obat-obatan yang tentu saja sudah direkomendasikan oleh dokter, yang kedua dengan cara mngarahkan atau membina pikiran. Hal ini bisa dilakukan dengan cara meditasi.
Beberapa gejala stres :
  1. Cemas
  2. Nyeri punggung
  3. Pencernaan terganggu
  4. Depresi
  5. Cepet banget capek
  6. Sulit tidur
  7. Sakit kepala
  8. Tekanan darah tinggi
  9. Napas tak teratur
  10. Berat badan naek turun
Tips saat dilanda stres :
  1. Menghirup udara pelan-pelan. Hal ini dimaksudkan untuk merelaksasi pikiran yang lagi kusut.
  2. Mendengarkan musik dapat sedikit meredakan otot-otot kepala yang lagi tegang, jadi kalau pikiran lagi sumpek, ada baiknya mendengarkan lagu favorit kita.
  3. Hentikan sejenak semua kegiatan yang ada. Bisa dilakukan dengan jalan-jalan atau nonton film yang membuat kita sedikit santai. Dengan nonton film komedi, kita bisa tertawa lepas hingga otot2 wajah yang kaku bisa sedikit kendur.
  4. Olahraga secara teratur sangat dianjurkan untuk mengurangi stres. Dengan olahraga teratur, metabolisme tubuh oke, peredaran darah juga lancar so pikiran akan lebih fresh.
  5. Melakukan hal2 yang disukai. Bisa dengan mancing, berlibur, berkebun, atau semua hal yang menjadi hobby kita.
  6. Curhat juga dapat meringankan permasalahan yang ada. Walaupun masalah yang kita hadapi gak bisa langsung selese, at least kita bisa sedikit merasa lega setelah curhat dengan orang kepercayaan. Dada bisa jadi lebih plong.
  7. Tidur bisa jadi alternatif saat kita lagi stres. Daripada pusing-pusing mikirin masalah yang gak kelar2 ada baiknya kita istirahat sejenak. Sapa tau habis bobok pikiran lebih fresh jadi bisa mikir lebih jernih tentang solusi untuk masalah yang lagi dihadapi.
  8. Berkata pada diri sendiri "aku tenang, aku bahagia, aku bisa mengatasinya". Hal ini bertujuan utuk membangun kekuatan pada diri sendiri, kepercayaan diri dalam mengatasi masalah. Pada saat pikiran kacau, jangan sampai kita dikendalikan oleh pikiran kita. Tetaplah belaku tenang, karena untuk mengatasi semua permasalahan itu terletak pada diri sendiri. Kuncinya adalah "Ketenangan Diri". Ibaratnya, api gak bisa dipadamkan dengan angin karena keduanya mempunyai unsur yang sama2 meledak-ledak. Harus pake air.

0 komentar: